UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK - TUGAS PEMBELAJARAN ONLINE KU Hell Yeah Pointer 5

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 29 April 2020

UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK



*Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang hadir di dalam teks dan secara langsung membangun suatu teks. Unsur-unsur intrinsik karya prosa fiksi adalah sebagai berikut yaitu: tokoh dan penokohan, alur, latar, amanat, tema, sudut pandang, gaya bahasa.

Unsur unsur intrinsik prosa fiksi

1. Tema

Tema adalah ide atau gagasan yang disampaikan oleh pengarang dalam ceritanya. Tema merupakan landasan utama dalam pengembangan cerita yang diungkapkan pengarang dalam cerita. 

2. Alur/ Plot

Alur adalah rangkaian atau tahapan yang membentuk cerita dimana pengarang memulai cerita, mengembangkan dan mengakhiri cerita. Alur merupakan jalan cerita atau dapat dikatakan cara pengarang dalam bercerita. (alu maju, alur mundur dan alur campuran).

3. Penokohan

Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Penokohan terdiri dari tokoh cerita dan watak tokoh. tokoh yaitu orang-orang yang secara langsung terlibat  sebagai pemeran juga sebagai penggerak cerita. Watak tokoh yaitu penggambaran perilaku dan karakter tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. 

4. Latar/Setting

Latar adalah keterangan yang menggambarkan tentang waktu, tempat dan suasana yang digunakan dalam sebuah cerita. Latar merupakan unsur yang mutlak dibutuhkan untuk memperkuat dan menghidupkan jalannya cerita. (latar waktu, tempat dan suasana).

5. Amanat

Amanat adalah pesan atau nilai-nilai moral, seperti nasehat yang disampaikan pengarang kepada pendengar atau pembaca melalui cerita yang dibuatnya. Nasehat atau pesan tersebut disampaikan oleh pengarang secara tersurat dan tersirat.

6. Sudut Pandang Pengarang

Sudut pandang pengarang adalah posisi pengarang dalam cerita. Dalam cerita posisi pengarang terbagi menjadi 2, yaitu pengarang terlibat dalam cerita dan pengarang berada di luar cerita.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara pengarang dalam menguraikan cerita yang dibuatnya. Cara tersebut tercermin dalam pemilihan kata-kata, tema dan memandang persoalan. Gaya bahasa yang digunakan untuk bercerita ada yang menggunakan bahasa sehari hari atau bahasa pergaulan.

*Unsur Ekstrinsik adalah elemen yang membangun karya sastra dari luar, seperti latar belakang penciptaan karya sastra, penulis, serta kondisi sosial budaya. ... Seperti tema, alur, mandat, pernyataan juga sudut pandang penulis. yang dibuat mungkin lebih bermakna.

1.      Latar Belakang Hak Cipta

a.     Biografi Penulis
b.     Hak Cipta Kondisi Psikologis
c.      Penulis Aliran Sastra

2.    Norma Dalam Masyarakat

a.     Nilai-nilai agama
b.     Nilai sosial
c.      Moral

d.     Nilai Budaya


e.      Nilai Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar