TEORI - TEORI KEDAULATAN - TUGAS PEMBELAJARAN ONLINE KU Hell Yeah Pointer 5

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 29 April 2020

TEORI - TEORI KEDAULATAN



TENTANG TEORI - TEORI KEDAULATAN
========================================================================


*TEORI – TEORI KEDAULATAN

Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi. Menurut para ahli tata Negara, berdasarkan sejarah asal mulia, terdapat berbagai jenis teori  kedaulatan, yaitu teori kedaulatan Tuhan, teori kedaulatan Negara, teori kedaulatan Hukum, dan teori kedaulatan Rakyat.


a.     Teori Kedaulatan Tuhan
Doktin kedaulatan tuhan berkaitan erat dengan alam pemikiran teologis yang mengganggap tuhan sebagai prima caousa atau penyebab utama. Teori ini menyakini lahirnya suatu Negara hanya dapat terjadi bila dihendaki tuhan. Negara yang menganut paham ini disebut Ngara Teokrasi. Manuasi yang berkuasa sebagai pemimpin di suatu Negara hanya wakil yang dikehendaki tuhan untuk memimpin.Negara yang menganut teorri kedaulatan Tuhan adalah Jepang. Tokoh dari teori ini adalah Aurelius Augustinus dan Thomas Aquinas.

b.     Teori Kedaulatan Negara
Negara mempunyai kekuasaan yang tidak terbatas. Artinya Negara berhak mengatur demua warga Negara dan harus taat, patuh terhadap kehendak teringgi yang berasal dari Negara itu sendiri.
Penerapan kedaulatan ini dilakukan oleh para pejabat, yang menjadi simbol kekuasaan Negara, contohnya negaranya dalah Rusia, pada masa pemerintahan Stalin.

c.      Teori Kedaulatan Hukum
Kedaulatan hokum adalah kedaulatan yang berasal dari hokum yang berlaku di suatu Negara. Hukum merupakan kekuasaan yang derajatnya lebih tinggi. Hukum dipandang sebagai sumber dari segala  sumber kekuasaan dalam Negara.Tokoh teori kedaulatan Hukum adalah Krabe, Leon Duguit, Kranenburg, Immanuel Kant dan Hugo de Groot.

d.     Teori Kedaulatan Rakyat
Menurut teori ini kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Teori kedaulatan rakyat banyak di anut oleh Negara-negara demokrasi, modern, termasuk Indonesia. Tokoh teori krdaulatan rakyat adalah Jean Jaeques Rouseau, Thomas Hobbeas, John Locke, dan Montesquieu.


* TEORI KEDAULATAN YANG COCOK UNTUK NEGARA KESATUAN INDONESIA 

Teori kedaulatan yang cocok untuk negara Indonesia adalah teori krdaulatan Rkyat. karena rakyat memiliki kekuasaan yang tertinggi dalam negara, tetapi pelaksaannnya diatur oleh Undang - Undang Dasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar